RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Untuk Kelas Yang Mengunakan Stategi Card Sort
Sekolah : MTs Mtaliul Huda
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/Semester II (Dua)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 17. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 17.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.
Indikator : 1. Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama.
2. Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem.
Alokasi Waktu : 6 X 35 (Menit)
Pertemuan : 3 X Pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kompetensi ini diajarkan di harapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian ekosistem.
2. Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
3. Menyebutkan macam-macam ekosistem.
4. Menjelaskan komponen-komponen ekosistem.
5. Membedakan organisme autrotof dan organisme heterotof.
6. Membedakan organisme herbivora, karnivora dan omnivora.
7. Menjelaskan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
8. Menjelaskan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
9. Menjelaskan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.
10. Membuat jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan.
11. Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
B. Materi Pembelajaran
1. Ekosistem, Peran, dan Interaksinya
C. Metode dan strategi Pembelajaran
Strategi : Card Sort
Metode : Ceramah
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan | Rincian | Alokasi Waktu | Keterangan |
Kegiatan Awal | Pendahuluan
| 10 Menit | |
Kegiatan Tengah | Inti
| 50 Menit | |
Kegiatan Akhir | Penutup
| 15 Menit |
Pertemuan II
Kegiatan | Rincian | Alokasi Waktu | Keterangan |
Kegiatan Awal | Pendahuluan
| 10 Menit | |
Kegiatan Tengah | Inti
| 50 Menit | |
Kegiatan Akhir | Penutup
| 15 Menit |
Pertemuan III
Kegiatan | Rincian | Alokasi Waktu | Keterangan |
Kegiatan Awal | Pendahuluan
| 10 Menit | |
Kegiatan Tengah | Inti
| 50 Menit | |
Kegiatan Akhir | Penutup
| 15 Menit |
E. Sumber Belajar
1. Buku paket Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 1 untuk kelas VII SMP dan MTs Bab 17 Hal 266-278, karangan Budi Purwanto dan Arianto Nugroho Th 2007, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo (KTSP 2006)
2. Buku LKS Tuntas (Tuntunan Belajar Berkualitas) BSE, Kurikulum Standar Isi (KTSP) IPA Biologi untuk SMP/MTs Semester I Kelas VII, CV AR-Rahman Solo
3. Kamus Biologi Edisi Terbaru, dilengkapi dengan Pengetahuan Umum Dunia Biologi, untuk Pelajaran, Mahasiswa dan Umum Th 2009
F. Media Pembelajaran
1. Spidol
2. Penghapus
3. buku
4. Penggaris
5. Papan tulis
G. Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi dilakukan setelah guru menyimpulkan materi pembelajaran.
1. Teknik Penilaian : Tes tertulis
2. Bentuk Penilaian : Tes uraian dan PG
Contoh instrumen
No | Butir Soal | Penyelesaian | Skor |
1 2 3 | Apa yang dimaksud dengan ekosistem? Buatkanlah contoh rantai makanan dan jaring-jaring makanan! Dibawah ini contoh komponen abiotik adalah....... a. Konsumen b. Produsen c. PH d. Pengurai | 1. Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya 2. Contoh rantai makanan : Padi → tikus → ular sawah → pengurai Contoh jaring-jaring makanan: Padi→ tikus ↕ Burung → belalang →ayam 3. C. PH | 1 1 1 |
Total Skor Sementara | 3 |
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor seluruhnya
jambi, Maret 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Penelitian
Jono, S.Ag Sayid Ridho
Nip. 1972 0805 2006 04 1027 Nim.Tb. 070 424
Tidak ada komentar:
Posting Komentar